085204878469 / 082245783338 Ruko Gedung NU Jl. Panglima Sudirman No. 26 Trenggalek

KOIN NU Care LazisNU


KOIN NU (KOtak INfaq NU) adalah implementasi pelaksanaan Zakat, Infaq, Shodaqoh (ZIS) yang didalamnya mencakup pelaksanaan perintah Allah SWT dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui pembiasaan berinfaq dan bershodaqoh, sekaligus membantu program pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan.

NU Care LazisNU mengajak masyarakat golongan menengah kebawah, utamanya jamaah NU untuk mulai belajar membiasakan berzakat sebelum nishob. Dalam arti lain membiasakan berinfaq/bershodaqoh dan sudah barang tentu hukumnya sunah. Sebagaimana anak-anak belajar sholat sebelum baligh, belajar puasa sebelum baligh, bahkan belajar manasik haji sejak usia dini.

Allah SWT berfirman dalam QS. Ibrahim-31 yang artinya :

Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman : “Hendaklah mereka mendirikan sholat, menafkahkan sebahagian rizki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada hari itu tidak ada jual beli dan persahabatan.”

Rasulullah SAW bersabda dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim yang artinya :

Dari Abu Hurairah RA, sesungguhnya Nabi SAW telah bersabda : “Tidak ada hari dimana seseorang mendapati pagi melainkan dua malaikat akan turun kepadanya. Lalu salah satu dari keduanya berdoa, “Yaa Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq”, dan malaikat lainnya berdoa, “Yaa Allah, berikanlah kerugian bagi orang yang tidak mau berinfaq.” (HR Imam Bukhori : 1301)

Ilustrasi dari program KOIN NU Care LazisNU adalah mengajak masyarakat untuk belajar mengeluarkan zakat sebelum nishob, artinya mengeluarkan infaq/shodaqoh dengan rumus zakat yaitu 2,5% dari uang belanja harian. Contohnya : Apabila seorang ibu yang diberi uang belanja oleh suaminya untuk keperluan sehari-hari sebesar Rp 20.000, maka si ibu mengeluarkan 2,5% dari Rp 20.000 = Rp 500 tersebut sebelum belanja dan dimasukkan ke dalam media ZIS (bisa kaleng/toples/bekas botol air minirel/dst). Andaikata uang tersebut terkumpul dari setiap ibu rumah tangga, misalkan di suatu RW ada 100 KK, maka akan terkumpul dana sebesar Rp 50.000/hari, dalam 1 minggu akan terkumpul Rp 350.000, bila sudah berjalan 1 bulan akan terkumpul Rp 1.400.000 dan seterusnya. Pengelolaan dana tersebut diserahkan kepada lingkungan masing-masing, NU Care LazisNU siap memberikan pendampingan/bimbingan dan hanya memerlukan laporan perolehan dan peruntukan dana yang didapatkan untuk kebutuhan pelaporan secara nasional.

Uang Rp 500/hari tersebut akan menjadi kekuatan besar dan insya Allah dapat memberdayakan masyarakat di lingkungannya, disisi lain karena ini merupakan infaq/shodaqoh maka pemanfaatannya sangat luas selama penggunaan dana tersebut mutlak untuk kemaslahatan ummat (limasoolihil ummah).

Hub. WhatsApp Kami