085204878469 / 082245783338 Ruko Gedung NU Jl. Panglima Sudirman No. 26 Trenggalek

Tentang Kami

NU CARE LAZISNU merupakan rebranding Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU). Sebagaimana cita-cita awal berdirinya NU CARE LAZISNU untuk membantu umat, maka NU CARE LAZISNU sebagai lembaga nirlaba milik perkumpulan Nahdlatul Ulama (NU) senantiasa berkhidmat untuk membantu kesejahteraan umat serta mengangkat harkat sosial melalui pendayagunaan dana Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) dan dana-dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Dalam melaksanakan tugasnya, NU Care LazisNU Trenggalek mengupayakan sinergi dengan Badan Otonom dan Lembaga Nahdlatul Ulama yang memiliki jaringan secara struktur dan kultur jamaah NU. Peran serta semua pihak akan semakin mempercepat mewujudkan khidmat NU kepada umat.

Optimaslisasi Jaringan NU

 

NU Care LazisNU merupakan lembaga NU yang memiliki tugas untuk :

  1. Menghimpun dan mengelola zakat, infaq, shodaqoh, CSR dan dana sosial lainnya serta mentasarufkannya kepada para mustahiq dengan menerapkan manajemen MANTAP (Modern, AkuNtabel, Transparan, Amanah dan Profesional);
  2. Mengkoordinasikan kelembagaan dari Pusat, Wilayah dan Cabang serta bagian-bagian dalam tubuh organisasi Nahdlatul Ulama baik struktural maupun kultural (seperti masjid, pesantren, panti asuhan, komunitas dan kelompok orang);
  3. Membangun networking (jejaring) yang fokus kepada muzakki dan mustahiq.

Amanat dari Rais ‘Aam PBNU KH Ma’ruf Amin dan Ketua Tanfidziyah PBNU KH Said Aqil Siraj adalah agar segala bentuk donasi baik zakat, infaq dan shodaqoh dari jamaah NU bisa dibukukan secara profesional melalui NU Care LazisNU. Jadi ke depan, pengelolan zakat fitrah, zakat maal, infaq shodaqoh masjid/musholla, qurban dan seterusnya dalam jaringan dan kultur NU dapat tercatat secara nasional. Kepada panitia santunan, lembaga takmir masjid/musholla dan semacamnya diharapkan dapat bekerja sama dengan NU Care LazisNU melaporkan penghimpunan dan penyaluran dana ZIS yang dikelola.

Kami mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk menunaikan kewajiban zakat, infaq dan shodaqoh dengan rutin dan mengelolanya secara profesional serta mendistribusikannya dengan tepat sasaran, akuntabel dan transparan yang sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebagai lembaga amil zakat yang diakui negara (Kemenkumham, Kemenkeu dan Kemenag) maka Bukti Setor Zakat (BSZ) dan atau Bukti Setor Non Zakat (BSNZ) yang dikeluarkan oleh NU Care LazisNU dapat dipergunakan sebagai pengurang kewajiban pajak kepada Negara (pastikan nama anda sebagai muzakki sama dengan yang tercantum dalam NPWP).

Akhir kata, demi terwujudnya cita-cita dan tujuan tersebut maka kami sangat mengharapkan dukungan, peran serta dan do’a dari Anda semua, terutama umat nahdliyin sehingga kemakmuran dan kesejahteraan dapat kita wujudkan bersama.